Thursday 7 March 2013

Process is more important than result


Fenomena atau perwujudan adanya hidup, yaitu keadaan yang membedakan organisme (makhluk hidup) dengan benda mati,statement diatas itu mungkin adalah definisi dari kata "kehidupan",salah satu individu yang diberikan kehidupan olehNya adalah manusia.

Tuhan selalu menciptakan sesuatu secara bertahap, yaitu dengan melalui suatu proses yang berkesinambungan.kehidupan butuh proses, Manusia misalnya, ia diciptakan tidak langsung dewasa. Tetapi melalui proses yang bermulai dari bentuk air, lalu menjadi janin, kemudian menjadi bayi, lalu menjadi anak-anak, dan akhirnya menjadi dewasa. 
Yang saya sadari ialah, baik atau buruknya kualitas manusia setelah dewasa nanti, sangat ditentukan oleh proses pemeliharaan atau bekal yang diterimanya dari sejak dini.pengaruh orang tua sangat penting dalam proses pembentukan karakter/kualitas individu manusia.

Proses tersebut yang akan membentuk karakter dari setiap manusia,"secara garis besar ada dua jenis manusia di dunia ini,manusia yang memiliki karakter jahat,dan manusia yang memiliki karakter baik" memang kita tidak bisa menentukan secara pasti karena sifat dan kebiasaan manusia yang sangat kompleks,selain itu stiap manusia juga pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing2.

Kualitas manusia di akhirat nanti, akan ditentukan setelah ia melalui proses ujian demi ujian terhadap ketaatannya pada Tuhan selama hidupnya di dunia. Sehingga dengan demikian, kualitas manusia di akhirat nanti, tergantung pada keberhasilan masing masing individu sendiri dalam mengatasi ujian-ujian yang dihadapi, apakah mampu selalu taat mengikuti perintah-perintah-Nya, atau membangkang.

satu kesempatan yang diberikan-Nya kepada kita sebaiknya kita gunakan baik baik untuk membentuk karakter yang kuat,butuh proses memang...tapi hendaknya kita nikmati proses saat kita hidup di dunia ini.