Tuesday 6 November 2012

The Truman Show





"An insurance salesman/adjuster discovers his entire life is actually a TV show" IMDb 1998

Film lama yang scene awal sedikit membosankan hampir membuat saya batal nonton film ini, tapi dari pengalaman saya kalau filmnya Jim tidak ada yang jelek, ya sudah . . . 30 menit pertama belum ada keanehan, masih menceritakan tentang usual life story - nya Truman Burbank yang diperankan oleh Jim. Umum, kehidupan umum yang dimiliki Truman, tinggal di kota yang penuh keramahan, pekerjaan yang menyenangkan, sahabat yang setia (Marlon - Noah Emmerich), istri yang cantik (Meryl - Laura Linney). Kehilangan seorang ayah sejak kecil membuat dia merasa bersalah dan depresi sesaat, setelah itu Truman mengalami banyak keanehan, satu hari Truman melihat ayahnya berdiri di pinggir jalan, orang-orang yang selalu bergerak dan bertingkah laku sama tiap harinya, larangan pergi terlalu jauh dari kota tersebut, dsb.
Mantan pacar Truman pernah berkata kalau semuanya palsu, dunia yang ditinggali Truman palsu, karena teringat moment tersebut, Truman menjadi semakin penasaran, dan dia berlayar sampai sejauh mungkin. . .
dari sini saya sudah bisa membaca kemana arah cerita ini, benar juga Truman sampai ujung dunia, boat-nya menabrak "dinding awan". Ternyata kota tersebut adalah studio film yang memang di set untuk menceritakan kehidupannya dari kecil, tidak.... dari lahir!! ada more than 5000 cameras, 400 actor, dan fasilitas studio yang sudah berteknologi tinggi, ada wheater control, dan perangkat pendukung lainya. Cerita dari awal merupakan scene yang disiarkan di seluruh dunia live tanpa commercial. He's a Big Star in the real World.