Wednesday 17 October 2012

PENGENALAN RIP, OSPF, DAN EIGRP


Routing Information Protocol (RIP) adalah  jaringan dengan Open Shortest Path First (OSPF) jaringan. Sebagian besar jaringan OSPF juga menggunakan RIP untuk berkomunikasi dengan host atau untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian dari internetwork yang tidak menggunakan OSPF. Cisco mendukung baik protokol RIP dan OSPF dan ini dipergunakan untuk bertukar informasi routing antara jaringan RIP dan OSPF. Ini adalah contoh tentang bagaimana menyelesaikan tahap-tahap berikut dalam mendistribusikan informasi antara RIP dan OSPF jaringan, termasuk topik-topik berikut:

• Konfigurasi jaringan RIP 

• Menambahkan OSPF ke pusat sebuah jaringan RIP 
• Menambahkan area OSPF 
• Setting up reksa redistribusi

Konfigurasi Jaringan RIP
Ini adalah langkah pertama dalam sebuah jaringan mengkonversi RIP dengan OSPF adalah tulang punggung Menambahkan router kedua yang Menjalankan RIP dan OSPF, Sedangkan sisanya Perangkat Menjalankan jaringan RIP. Ini router backbone sistem router OSPF Otonom batas. Setiap router batas Otonom mengontrol aliran sistem informasi routing antara OSPF dan RIP, adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam lokal dan wide area network. Karena itu RIP diklasifikasikan sebagai interior gateway protocol (IGP). RIP menggunakan routing vektor jarak-algoritma. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol sejak telah diperpanjang beberapa kali, mengakibatkan RIP Version 2 (RFC 2453). RIP  dan RIP v2 digunakan untuk saat ini . RIP dan RIP V2 dibuat lehib maju oleh oleh teknik seperti Open Shortest Path First (OSPF) dan OSI protokol IS-IS. RIP juga telah diadaptasi untuk digunakan dalam jaringan IPv6, yang dikenal sebagai standar RIPng (RIP generasi berikutnya), yang diterbitkan dalam RFC 2080 (1997).


Cara Kerja RIP
Host mendengar pada alamat broadcast jika ada update routing dari gateway.
Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima update routing .
Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table .
Jika rute sudah ada, metric yang terkecil akan diambil sebagai acuan.

Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu         tertentu

Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung
  

 Implementasi RIP
 Semua sistem UNIX pada umumnya dilengkapi routed ( routing demon )
       Cukup jalankan perintah UNIX
                #  routed
       Tambahkan script untuk routed pada boot files untuk menjalankan RIP setiap kali komputer diboot 





Redistribusi adalah ketika routing sebuah router mendaoatkan satu informasi dalam satu routing protocol dan mendistribusikan ke protokol routing yang berbeda, sehingga dapat meredistribusi protokol pertama 's jaringan ke routing protocol yang kedua. Sebagai contoh, sebuah router menjalankan RIP dan OSPF memiliki kebutuhan untuk mereka yang berada di bagian OSPF jaringan untuk mengetahui rute dalam jaringan RIP. Redistribusi adalah lebih khusus disebut sebagai rute redistribusi .

Open Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing yang dipergunakan dalam Internet Protocol (IP) jaringan. ini adalah link-state routing protocol dan juga sebagai kelompok interior gateway protokol, yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS). Didefinisikan sebagai OSPF Versi 2 dalam RFC 2328 (1998) untuk IPv4. [1] The update untuk IPv6 ditetapkan sebagai OSPF Versi     3 dalam RFC   5340. 

OSPF adalah mungkin yang paling banyak digunakan interior gateway protocol (IGP) di perusahaan besar jaringan; IS-IS, lain routing link-state protokol,dan ini lebih sering terjadi pada jaringan penyedia layanan besar.Yang paling banyak digunakan protokol eksterior gateway adalah Border Gateway Protocol (BGP), routing utama antara sistem-sistem otonom di Internet.


Enhanced Interior Gateway Routing Protocol - (EIGRP) adalah sebuah routing proprietary Cisco longgar berdasarkan IGRP asli mereka. EIGRP adalah jarak yang maju-vektor routing protocol, dengan optimasi untuk meminimalkan ketidakstabilan baik routing terjadi setelah perubahan topologi, serta penggunaan bandwidth dan pengolahan kekuasaan di router. EIGRP router yang mendukung akan secara otomatis mendistribusikan informasi rute IGRP tetangga dengan mengubah metrik EIGRP 32 bit ke 24 bit IGRP metrik. Sebagian besar optimasi routing didasarkan pada yang berdifusi Update Algorithm (DUAL) bekerja dari SRI, yang menjamin bebas loop operasi dan menyediakan sebuah mekanisme untuk cepat konvergensi.

OSPF Redistribusi
Mengingat singkat redistribusi, luangkan waktu dan pertimbangkan ketika Anda mungkin pertemuan redistribusi atau memiliki kebutuhan untuk menerapkannya. Banyak orang telah daftar bila Anda akan menggunakan redistribusi, tetapi dalam kenyataannya, Anda perlu tahu hanya empat kategori:


• Politik-A pembuat keputusan telah memaksa menjalankan protokol lain selain OSPF. Bekerja pada orang-orang yang perlu melihat manfaat OSPF, namun, sampai keputusan yang berubah, Anda harus menggunakan redistribusi. 


• Laba-Mungkin, telah terjadi penggabungan dua perusahaan dengan protokol yang berbeda, atau kebutuhan yang berbeda ada di dalam divisi yang berbeda dari perusahaan yang sama dan jaringan dan jaringan tidak mampu tanpa konektivitas, jadi anda diminta untuk "Membuat itu terjadi."
• Sertifikasi-Anda belajar untuk sertifikasi jaringan dan Anda perlu latihan, latihan, latihan semua aspek operasi protokol dan interaksi. 

• Dukungan Hardware-Anda mungkin memiliki warisan hardware yang tidak menjalankan OSPF atau menjalankannya tidak dapat dipercaya. Ini adalah nomor satu alasan untuk mendistribusikan kembali ke OSPF RIP.




EIGRP adalah protokol routing yang populer bagi mereka yang ingin menggelar satu-vendor jaringan. EIGRP sangat solid, dan itu sangat berguna untuk memahami bagaimana untuk mendapatkan rute dari EIGRP ke OSPF melalui redistribusi :  hanya ingat bahwa OSPF adalah nomor satu. Jaringan OSPF juga menggunakan RIP untuk berkomunikasi dengan host atau untuk berkomunikasi dengan bagian-bagian dari  internetwork yang tidak menggunakan OSPF, seperti daerah warisan yang lebih tua atau mitra usaha kecil.

Cisco router mendukung RIP dan OSPF routing protokol dan menyediakan cara untuk pertukaran informasi routing RIP dan OSPF antara jaringan melalui redistribusi. Ini aldalah contoh bagaimana untuk menyelesaikan tahap-tahap berikut dalam mendistribusikan informasi  antara RIP dan OSPF jaringan:



• Konfigurasi jaringan RIP 
• Menambahkan OSPF ke pusat sebuah jaringan RIP 
• Menambahkan area OSPF 
• Setting up reksa redistribusi
  

Perintah yang mendistribusikan menggunakan OSPF kata kunci untuk menentukan bahwa rute OSPF didistribusikan ke RIP. Kata kunci internal menunjukkan intra-area OSPF dan antar wilayah rute: eksternal 1 adalah rute eksternal Tipe 1, dan eksternal 2 adalah rute eksternal Tipe 2. Karena perintah dalam contoh menggunakan perilaku default, kata kunci tersebut mungkin tidak muncul bila Anda menggunakan acara-config menjalankan perintah. Hal ini penting karena rute dikirim ke router OSPF lain mengandung E2 rute, jaringan RIP yang lain, sehingga ini merupakan aspek penting yang perlu dipertimbangkan sehingga konvergensi terjadi. Karena metrik untuk protokol yang berbeda tidak dapat secara langsung dibandingkan, Anda harus menentukan default metrik untuk menunjuk biaya didistribusikan RIP rute yang digunakan dalam pembaruan. Semua rute 
yang didistribusikan menggunakan metrik default.